Senin, 20 Desember 2010

Artikel Fisika 8. Besaran dan Satuan


Besaran dan Satuan
Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur yang memiliki nilai dan satuan. Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda.
Macam-macam Besaran
Adapun jenis-jenis dari besaran, yaitu :
Besaran Pokok
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain.
Satuan SI untuk Besaran Pokok
No
Besaran Pokok
Satuan SI
Singkatan
1.
Panjang
Meter
m
2.
Massa
Kilogram
Kg
3.
Waktu
Sekon
s
4.
Suhu
Kelvin
K
5.
Jumlah Zat
Mol
Mol
6.
Kuat Arus listrik
Ampere
A
7.
Intensitas Cahaya
kandela
cd

Besaran Pokok digunakan sebagai dasar untuk mendefinisikan besaran lain (besaran turunan). Sifat besaran pokok bebes terhadap besaran pokok lain, atau besaran pokok yang satu tidak bergantung pada besaran pokok yang lain, baik dimensi maupun besarannya.

 besaran pokok, terhadap dua besaran tambahan. Besaran tambahan tidak berdimensi.
No
Besaran tambahan
Satuan (SI)
Lambang Satuan
1.
Sudut bidang datar
radian
rad
2.
Sudut ruang
steradian
sr

Definisi Satuan SI untuk Besaran Pokok
1.    Panjang
Satuan meter. Satu meter standar adalah jarak yang ditempuh oleh cahayadalam ruangan vakum dalam selang waktu 1/299.792.458 s.
2.    Massa
Satuan kilogram. Satu kilogram standar adalah massa silinder logam yang terbuat dari platina-iridium, yang aslinya disimpan di sevres, Paris ( di Kantor Biro Pengukuran Internasional ).
3.    Waktu
Satuan Sekon, Satu sekon standar adalah waktu yang digunakan oleh atom cesium-133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali.
4.    Suhu
Satuan Kelvin, Satu kelvin standar adalah 1/273,16 kali suhu termodinamika titik tripel air.
5.    Jumlah Zat
Satuan mol, satu mol standar adalah jumlah zat yang mengandung unsur elementer zat tersebut dalam jumlah sebanyak jumlah atom karbon dalam 0,012 Kg karbon-12.
6.    Kuat Arus
Satuan ampere, satu ampere standar adalah kuat arus tetap yang dipertahankan mengalir dalam masing-masing dari dua penghantar lurus sejajar dengan panjang tak ingga dan penampang lintang lingkaran yang dapat. Diabaikan, dengan jarak pemisah 1 meter dalam ruang hampa akan menghasilkan gaya interaksi antara kedua penghantar sebesar dua kali sepuluh pangkat min tujuh newton setiap meter penghantar.
7.    Intensitas Cahaya
Satuan kandela, satu kandela adalah intensitas cahaya suatu sumber cahaya yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 kali 10 pangkat 12 hertz dengan intensitas sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.
Besaran Turunan
Besaran Turunan adalah besaran yang diperoleh dari besaran pokok dengan jalan menurunkannya, yaitu dengan mengalih atau membagi besaran satu dengan besaran yang lain. Contohnya  adalah besaran untuk kecepatan diperoleh dengan cara membagi besaran panjang dengan besaran waktu. Contoh lain besaran turunan adalah luas, volume, percepatan, gaya, massa jenis, tekanan, usaha, dan daya.

No
Besaran Turunan
Satuan (SI)
Lambang Besaran
1.
Luas
M2
A
2.
Kecepatan
m/s
v
3.
Percepan
m/s2
A
4.
Berat
Kg m/s2 (newton)
W
5.
Volume
M3
V
6.
Gaya
Kg m/s2(newton)
F
7.
Usaha
Kg m2/s2 (joule)
W
8.
Daya
Kg m2/s3 (watt)
P
9.
Massa Jenis
Kg/m3
p

          Sebelum diseragamkan atau diatur secara internasional, sudah banyak sekali satuan-satuan yang digunakan orang. Satuan-satuan itu misalnya : elo, langkah, jengkel,beruk ( tempurung kelapa 0 dan tombak. Satuan tersebut hanya berlaku di suatu daerah. Satuan tersebut tidak dapat menghasilkan satuan yang sama.
          Akhirnya para ahli sepakat merumuskan suatu sistem satuan standar yang dapat dipergunakan secara internasional. Dengan demikian, siapa pun akan dapat menggunakan dengan mudah, hasilnya, dan seragam.


          Para ahli kemudian menetapkan suatu persyaratan untuk satuan standar, yaitu sebagai berikut :
a.     Nilai satuannya harus sama
b.    Mudah didapatkan kembali ( mudah ditiru oleh siapa pun )
c.     Dapat diterima secara internasional


By : munawarah XI IPA 1
Sumber :
Fendi dan Purwoko.2006.Fisika SMA kelas x.Surakarta:yudistira.
Purwanti,endang.2009.Fisika SMA/MA kelas X semester 1.Klaten:Intan Pariwara.
id.wikipedia.org/wiki/Besaran

2 komentar: